Film Perkembangan Buddhisme di Asia ditayangkan di New Delhi

http://www.buddhistchannel.tv/index.php?id=12,11615,0,0,1,0#.UkkB09LwmSo

New Delhi, India, Sejahrawan Seni Benoy K. Behl  menampilkan film dokumenter berjudul “Culture of Compassion: Buddhism in India and ASEAN countries” (“Budaya Belas Kasih : Buddhisme di India dan negara negara Asia Tenggara” di India Habita Center, new Delhi pada 29 September 2013.

Film ini menceritakan tentang penyebaran Buddhism dari India ke negara negara Asia Tenggara lainnya. Behl telah berkeliling, hingga ke  Bodh Gaya, tempat Buddha mencapai pencerahan.

“Film ini dibuat sebelum Kuil Mahabodhi di Bodh Gaya diserang oleh teroris. Dalam film ini saya mencoba untuk menghindari berbicara menentang serangan teroris atau bahkan penganiayaan terhadap komunitas tertentu. Saya tidak mau mengeluarkan pernyataan politik apapun. Buddhisme berbicara tentang pemaafan dan saya tidak mau menghilangkan bagian yang esensial dari filosofi ini” kata pembuat film yang mengenal Buddhisme beberapa tahun yang lalu.

Di utara, akademisi Buddhisme ini mengunjungi Lahaul and Spiti di  Himachal Pradesh. Lebih ke selatan, ia mengunjungi Andhra Pradesh.

Untuk mengetahui bagaimana Buddhisme menyebar ke negara negara asia tenggara, sang pembuat film telah mengunjungi Myanmar, Thailand, Indonesia, Kamboja, dan Laos.”

“Ini merupakan suatu keajaiban yang luar biasa di mana ide ide tentang buddhisme tidak dihalangi oleh laut yang luas dan jarak geografis. Buddhisme diterima secara hangat di negara negara Asia Tenggara. Sebenarnya ada sedikit perbedaan antara Buddhisme, Hinduisme dan Jainisme. Pemikiran Baratlah yang menyatakan bahwa Buddhisme berbeda dengan dua agama lainnya Sayangnya, India juga sudah mulai menerima ini melalui sistem pendidikan kita. ”

Behl,  yang juga telah memberikan kuliah di berbagai universitas luar negeri yang berbeda selama lebih dari tiga dekade, juga berinteraksi dengan penonton. Buddhisme mempunya pandangan yang luas tentang keseimbangan yang nyata di dunia. Budaya damai dan kelembutan, yang terus berlanjut, bahkan di tengah-tengah dunia materialistis saat ini. ” Memperhatikan bahwa Buddha adalah salah satu guru paling bijaksana manusia saat ia mengajarkan pesan kasih sayang dan cinta kasih universal, Mr Behl mengatakan filsafatnya relevan pada zaman sekarang ketika ada begitu banyak contoh kekerasan sektarian.

Trailer film dokumenter bisa dilihat di

http://www.youtube.com/watch?v=VTBky9XCbro

Leave a comment